Minggu, 17 Juni 2012

El clasicco








Sejarah El Clasicco
Perseturuan antara 2 klub besar spanyol antara Barcelona dan Real Madrid klub tersukses di spanyol bahkan di dunia. Barcelona mewakili bangsa catalan dan Real Madrid mewakili kaum castille (kerajaan). Rivalitas kedua klub ini bermula ketika ada pertandingan persahabatan antara millonarios melawan Real Madrid. Di klub millonarios terdapat pemain yang berbakat yang bernama Alfredo Di Stefano dan ketika itu Barcelona langsung mengontak klub River Plate klub asli Di Stefano , sedangkan Real Madrid mengontak millonarios ternyata ada kluse kontrak antara River Plate dengan milonarios yang menyatakan bahwa River Plate bisa menjual Di Stefano jika mendapat ijin dari milonarios. Dan pihak milonarios sudah mendapat bayaran dari Real Madrid dan lebih memilih menyerahkan pemain ke Real Madrid.




Fakta el clasicco
·         63 merupakan jumlah gol yang dicetak di semua kompetisi pada musim ini.Cristiano ronaldo sendiri hanya mencetak 51 gol di semua kompetisi pada musim ini.
·         Kedua tim sepanjang sejarah saling mengalahkan sebanyak 86 kali di partai resmi dan 46 partai tersisa berakhir dengan skor imbang.
·         Total kedua tim telah bertemu sebanyak 218 kali di semua ajang kompetisi.El Clasico pertama terjadi pada 13 mei 1902.
·         Sepanjang sejarah el clasico,365 gol telah dilesakan madrid ke gawang barca atau unggul 11 gol dari barca.
·         Alfredo Di Stefano top skor di El Clasicco
·         Barca dan Real Madrid sama-sama menang 86 kali dalam perjumpaan mereka di pertandingan resmi -- 46 lainnya berakhir seri.
·         18 – Jumlah kartu yang dikoleksi mantan bek Real Madrid, Fernando Hierro, selama mengikuti El Clasico. Ia mendapatkan 17 kartu kuning dan satu kartu merah.
·         Pemain Barcelona dengan penampilan terbanyak pada laga El Clasico di Camp Nou adalah Migueli dengan 13 penampilan (9 menang, satu imbang, tiga kalah) antara 1973 hingga 1989.
·         13 Jumlah gol yang dicetak Lionel Messi dalam 18 laga El Clasico. Torehan gol itu membawa Messi berada di posisi ke-5 pada urutan pencetak gol terbanyak di laga El Clasico, bersama dengan mantan pemain Real, Gento. Namun Messi sudah absen mencetak gol di 3 laga terakhir melawan Real Madrid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar